7 MAKANAN YANG MENYEHATKAN USUS | Madu Cerna

Posted by Ripa wahyudi on 10.53

makanan sehat untuk usus
makan sehat untuk usus


Dalam sistem perncernaan manusia,terdapat salah satu bagian yang penting, yaitu usus. Usus sendiri dibedakan menjadi 2 bagian yaitu usus halus dan usus besar.

Di dalam usus halus, terjadi proses penyerapan sari sari makanan.setiap nutrisis yang terkandung dalam makanan yang kita makan, akan terserap di usus halus.sedangkan usus besar memiliki fungsi sebagai tempat terbentuknya feses yang merupakan zat zat sisa yang tidak terserap di usus halus.

Selain itu, fungsi penting usus halus adalah tempat terjadinya penyerapan kembali air, sehingga tubuh manusia tidak kekurangan cairan.

Mengingat pentingnya fungsi usus, maka kesehatan usus perlu diperhatikan dengan baik.salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi.

Tidak semua jenis makanan berdampak baik terhadap usus. Makanan makanan ysng mengandung kadar lemak tinggi, mengandung banyak pengawet dan penyedap sangat tidak baik bagi usus.usahakan agar anda menghindari makanan makanan tersebut.

Makanan apa sajakah yang baik untuk kesehatan usus??? Berikut akan dijelaskan 7 makanan yang baik untuk kesehatan usus dan dapat dijadikan pertimbangan anda dalam memilih makanan.


1.         MAKANAN FERMENTASI

Di dalam pencernaan, khususnya usus terdapat bakteri baik yang bisa membantu pencernaan makanan, menjaga keseimbangan, penyerapan nutrisi dan pembuangan racun.
Jika keseimbangan bakteri tersebut terganggu, maka kesehatan seluruh tubuh terganggu, mengingat hampir 80% sistem kekebalan tubuh berada di usus.
Untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, ada bisa mengkonsumsi makanan makanan fermentasi seperti yogurt,acar, tempe dan kimchi. Keseluruhan makanan tersebut merupakan makanan prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus.

 2.         KACANG KACANGAN

Kacang kacangan memiliki kemampuan membersihkan usus bersar,s erta kaya nutrisis dan antioksidan. Kacang kacangan dan biji bijian adalah makanan kaya akan zat besi, seng, kalium, kalsium, vitamin B, dan protein.

Dengan mengkonsumsi kacang kacangan seperti kacang hijau, almond, kedelai, kacang polong, maka kebutuhan tubuh anda terhadap nutrisi nutrisi tersebut bisa terpenuhi.

3.         PISANG

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang bertekstur lembut dengan rasa yang enak. Buah ini bisa disebut sebagai pati resisten. Sistem Anda tidak mampu mencernanya, tapi bakteria yang baik yang telah berkoloni di dalam tubuh Anda bisa.

Makan pati resisten bisa membantu bakteri berkembang dan menjaga mikrobiome Anda. Tak seperti makanan lain yang menghasilkan lorong, pisang baik di dalam perut Anda. Dengan rutin mengkonsumsi pisang, bisa menghindarkan anda dari masalah pencernaan seperti diare.

4.         BROKOLI

Supaya memiliki tubuh yang indah dan sehat, kita perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan.salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat sangat baik untuk pencernaan terutama usus.

Brokoli adalah salah satu contoh sayuran yang kaya akan serat. Sayur brokoli ini memiliki kemampuan besar mendetoksifikasi usus besar setiap kali anda memakannya. Dengan mengkonsumsi brokoli secukupnya, maka kebersihan saluran pencernaan terjaga dengan baik sehingga tubuh anda menjadi sehat.

5.         SAYURAN BERDAUN HIJAU TUA

Sebagian besar orang merasa enggan memakan sayuran, mereka lebih memilih mengkonsumsi daging dan makanan cepat saji lainnya yang dari segi kesehatan sudah tidak baik berbeda dengan sayuran sayuran hijau yang sangat berkhasiat untuk tubuh.

Sayuran sayuran berdaun hijau tua seperti sayur hijau, kangkung dan bayam bersifat melindungi pencernaan dan melindungi usus besar.

Klorofil yang larut dalam lemak akan menempel pada lapisan dinding usus besar, menangkap bakteri jahat dan menghilangkannya dari usus besar, serta menjaga lapisan lendir dalam diding saluran pencernaan.

Sayuran hijau berklorofil tinggi akan membantu menjaga kesehatan usus sekaligus mendetoksifikasi hati.

6.         ASPARAGUS

Asparagus adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan dengan  genus Asparagus, terutama batang mudanya. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap. Selain memiliki rasa yang sedap, asparagus juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, salah satunya adalah inulin (serat).

Sayuran ini mengandung level inulin tinggi, sekitar 15 gram tiap saji. Inulin adalah serat yang bisa dicerna dan bertindak sebagai prebiotik, tipe gizi yang memberikan nutrisi kepada bakteri ramah yang hidup di dalam saluran pencernaan.

Asparagus juga memiliki level vitamin B padat dan antioksidan pelawan peradangan. Seperti sayuran renyah lainnya, asparagus tidak berpotensi menyebabkan kentut berlebihan.

7.         MADU

Rasa manis alami pada madu dan kandungan gizi didalamnya, menjadikan madu disukai banyak orang.madu mengandung berbagai komponen gizi seperti karbohidrat, asam amino, mineral, enzim, vitamin, air, dan zat zat organik lainnya.

Dari jaman dahulu,madu sudah sangat terkenal dengan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Khususnya menjaga kesehatan organ penernaan karena madu mengandung enzim tinggi sehingga mampu mempermudah proses pengolahan makanan di dalam usus dan lambung.

Dengan mengkonsumsi madu, dapat membantu mencegah terjadinya peradangan usus, tukak lambung dan infeksi lambung. Madu alami juga dapat membantu kinerja usus dan menjaga kesehatan usus.


Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat.sebagai salah satu organ penting dalam tubuh,maka hendknya kita menjaga kesehatan usus sedini mungkin.hal ini bisa dimulai dengan merubah jenis dan pola makanan. Ingatlah bahwa kesehatan orang pencernaan adalah kesehatan tubuh anda


Ripa Wahyudi
10.53

1 komentar:

  1. Terus memberikan manfaat bagi orang lain adalah hal yang sangat menyenangkan. Salam

    BalasHapus

Customer Service


HP

Telkomsel : 081 339 1111 55
Pin BB. 5B9ECCDA

Pembayaran

BCA
4350498970
a.n Dewa Putu Ripa Wahyudi

BRI
2132-01-001-297-508
a.n Dewa Putu Ripa Wahyudi

MANDIRI
145-00-108-2121-9
a.n Dewa Putu Ripa Wahyudi

MADU CERNA. Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Posts